Setelah lama "Tidur dari internet" saya akan memulai memposting hal - hal baru kembali :D, setelah lama menunggu, akhirnya secara resmi AHM meluncurkan bebek super mereka yakni All New Supra GTR 150 di kota Medan. Motor ini dirilis dengan bandrol termurah 21,5 juta rupiah.
Dari sisi sasis atau frame, bebek super ini dibekali model Twin tube frame. Untuk ban juga sudah mengadopsi model tubeless berukuran 90/80 untuk ban depan dan 120/70 untuk ban belakang, lumayan gambot juga nihh. Honda merilis atau menawarkan Supra GTR 150 dengan dua pilihan warna yakni Sporty serta eksklusif monoton. Khusus untuk warna Sporty dipecah dengan 2 pilihan warna yakni Spartan red serta cruiser white. Varian ini dijual dengan harga 21,3 OTR Jakarta.
Mesin yang dicangkokkan yakni DOHC 150cc 6 speed yang mampu mengeluarkan power hingga 15,9 PS kisaran 9000 RPM dengan klaim kecepatan maksimum 122 kph. All new Supra GTR 150 diklaim juga tetap irit walaupun memiliki performa diatas rata-rata. Dari pengetesan yang dilakukan oleh Honda lewat metode ECE R40 (Euro 3), Supra GTR mampu menjelajah 42,2 km per liter loh..
Lalu ada juga warna eksklusif. Perbedaan mencolok dibanding tipe Sporty adalah penyematan emblem 3 dimensi logo sayap mengepak khas Honda plus hadirnya logo GTR. Hal ini akan membuat kesan lebih mewah. AHM melepas varian ini dengan 2 pilihan warna juga yakni Grande Blue dan Exclusive Gun Black. Untuk versi ini dijual dengan harga 21,5 juta rupiah.
Lalu dari informasi yang didapat dari M+, mereka membedah fakta tentang sang Supra termasuk konfirmasi ECU serta mapping engine yang dikatakan berbeda dibanding Sonic 150R serta CB150R.
GTR merupakan kepanjangan dari Grand Touring. Hal ini menegaskan bebek berlabel Supra GTR ini diklaim nyaman digunakan disegala kondisi. Untuk itu pabrikan harus melakukan seting ulang ada ECU dan mapping engine agar mesin tetap tangguh digeber pada jarak jauh.
Berikut beberapa poin yan dishare oleh M+ :
1. Mesin DOHC 150cc 6 speed dengan mapping ulang pada ECU.
2. Komposisi gear berbeda dibanding Sonic. Jika Sonic depan 15 mata belakang 42 mata, untuk Supra GTR 15 44. Artinya secara akselerasi Supra harusnya lebih baik dibanding Sonic. Namun bisa saja secara feel tidak demikian mengingat ban GTR150 jauh lebih besar yaitu 90/80 dan 120/70.
3. Lebar pelk depan 1.85 belakang 3.5 inch.
4. Inner tube suspensi depan 31mm.
5. Travel shock belakang 3mm lebih panjang dibanding Sonic.
6. Lampu depan LED, lampu belakang bohlam.
7. Nihil bagasi.
8. Spatbor belakang model easy unplug jadi kalau melepas tinggal lepas 4 buah baut.
Itulah beberapa poin yang diangkat oleh M+ pada bebek super Honda, berikut datanya, silahkan disimak...
P x L x T : 2.025 x 725 x 1.102 mm
Jarak sumbu roda : 1.284 mm
Jarak terendah : 150 mm
Tinggi jok : 780 mm
Berat kosong : 119 kg
Radius putar : 1.900 mm
Kapasitas tangki bensin : 4,5 liter
Tipe mesin : 4 langkah DOHC 4 katup
Bore x stroke : 57,3 x 57,8 mm
Kapasitas mesin : 149,16 cc
Pendinginan : Liquid Cooled dengan kipas otomatis
Sistem pengabutan : PGM-FI
Rasio kompresi : 11,3:1
Tenaga maksimal : 15,74 dk (11,6 kW)/9.000 rpm
Torsi maksimal : 13,5 Nm/6.500 rpm
Transmisi : Manual 6 percepatan
Pola perpindahan gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Electric & Kick starter
Sistem kopling : Wet multiple with coil spring
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli : 1,1 liter
Tipe sasis : Twin tube steel
Ukuran ban depan : 90/80-17 46P (Tubeless) Velg 1.85×17
Ukuran ban belakang : 120/70-17 58P (Tubeless) Velg 3.50×17
Rem depan : Hidraulic Disc
Rem belakang : Hidraulic Disc
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Monosok
Sistem pengapian : Full transistor
Aki : MF 12 V-5,0 Ah
Tipe busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
Sumber : iwanbanaran.com , M+, Pict : Detik,DP
Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon