Beberapa Tips Dalam Membeli Smartphone Bekas


Ingin memiliki smartphone baru merupakan idaman setiap orang, dengan teknologi yang semakin maju, biasanya orang akan cepat bosan dengan smartphone yang dimilikinya. Namun terkadang kondisi keuangan membuat semua itu menjadi sulit, salah satu solusinya adalah membeli smartphone bekas.

Namun dalam membeli smartphone bekas tidak semuanya aman, berikut adalah beberapa tips dalam membeli smartphone bekas yang berkualitas :

1. Beli Barang Yang Masih Fresh

Beli Barang Yang Masih Fresh

Fresh disini berati dalam keadaan barang baru tapi sudah buka segel kotak dus. 
Barang jenis ini yang jelas lebih murah dibandingkan barang baru, tapi lebih mahal sedikit jika dibandingkan barang second. 

2. Beli Barang "Old Stock"

Old Stock

Tips yang kedua adalah cobalah pertimbangkan cari barang dalam kondisi "Old Stock", old stock dari bahasa Inggris yang artinya stok lama, biasanya barang tersebut tidak bergaransi dan untuk model smartphone tipe lama tapi yang dulunya hits atau legend.

3. Cari Barang yang Masih Bergaransi
Bergaransi
Yang lebih penting adalah carilah barang yang masih bergaransi, kalau bisa sih cari yang garansinya masih lama. Kalau smartphone idaman kamu susah banget dicari yang masih garansi, setidaknya carilah yang baru habis masa garansinya. Jadi bukan smartphone yang sudah 2-3 tahun dipakai.

4. Harga yang Wajar
Harga yang Wajar
Harga murah?? WOW... Biasanya setiap smartphone bekas akan ada harga bekas yang menjadi patokan, tetapi jika harga tersebut justru jauh dari harga patokan justru itu yang perlu diwaspadai. Bisa jadi smartphone tersebut palsu atau sudah rusak parah, sehingga harganya di bawah rata-rata.

5. Pilih Sistem Transaksi yang Aman

 Sistem Transaksi yang Aman

Adanya rekening bersama memang memungkinkan belanja online lebih aman dan nyaman tanpa batasan wilayah, jadi kamu bisa bertransaksi dengan penjual di seluruh Indonesia. Tentunya pilihan barang lebih banyak dan bervariasi.

Tetapi kalau kamu khawatir, pilih saja sistem COD (Cash On Delivery). Kamu bisa buat janji untuk ketemu, pastikan tempat yang dipilih aman. Jangan di pinggir jalan, pilih saja restoran tertentu. Kalau kamu belum pengalaman, ajaklah teman yang sudah mengerti untuk membantu kamu mengecek barang.

6. Jadilah "Smart Buyer"

Smart Buyer

Menjadi pembeli yang pintar itu baik. Biasanya penjual yang niat jualan besar, menulis deskripsi produk sejelas-jelasnya. Jadi, kamu juga harus baca dengan seksama. Selalu tanyalah hal yang memang belum dijelaskan.

7. Cek Kondisi Fisik

Kondisi Fisik

Tampilan tentu hal yang pertama kita periksa, pastikan bodi smartphone terlihat mulus dan sesuai deskripsi yang penjual tulis. Kalau bilangnya mulus tapi ternyata ada lecet bahkan cacat maka jangan diterima, bila perlu batalkan.

8. Cek Kelengkapan dan Semua Fungsi

Kelengkapan dan Semua Fungsi

Periksa tombol Home, tombol Power, dan tombol Volume. Pastikan masih empuk dan berjalan baik tanpa ada yang aneh. 
Pastikan keaslian earphone, adapter charger dan kabel USB, jack audio dan 
test speaker dan microphone.

9. Cek dan Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Semua Fitur Berfungsi

Kondisi fisik dan kelengkapan sudah oke, ini dia yang lebih penting lagi yakni memastikan semua fitur pada smartphone berjalan sebagaimana mestinya. 

10. Factory Reset Dimuka

Factory Reset

Beberapa smartphone memiliki proteksi kterhadap factory reset, jadi sebaiknya kamu coba dulu factory reset, karena ada kemungkinan smartphone yang akan kamu beli memiliki master password, jangan sampai kamu tak tahu hal ini...

Sumber : jalantikus.com
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment :D