Beberapa Cara Mempercepat Koneksi WiFi

WiFi

Bro, WiFi sekarang sulit dipisahkan dari kehidupan kita, apalagi bagi mereka yang hidup di kota-kota besar, seperti Jakarta. Jadi , kamu perlu tahu cara memperkuan sinyal WiFi. Kendala menggunakan WiFi terdapat pada kecepatan akses serta sinyal yang kadang membuat kita kesal. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini telah banyak perangkat WiFi dan perangkat pendukungnya yang mampu menghadirkan kecepatan akses data yang sangat tinggi.

Bingung? Berikut tipsnya ... 

1. Pilih Channel Yang Tepat
Wifi channel

Taukah kamu bahwa router WiFi memiliki channel? Kadang mengganti channel dapat memperlancar akses data kamu ketika menggunakan WiFi. Hal tersebut dikarenakan perbedaan jumlah sinyal yang mengganggu sinyal WiFi kamu, misalkan saja jika kamu tinggal di apartemen yang penuh dengan router WiFi, kamu harus mencari channel yang cocok agar sinyal kamu tidak terganggu oleh router WIFi lainnya.

Selain itu, router WiFi biasanya hadir dengan frekuensi yang berbeda dengan rentang antara 2,4GHz hingga 5GHz. Jika kamu tinggal di sebuah rumah besar yang memiliki lebih dari satu lantai, ada baiknya kamu menggunakan router WiFi dengan frekuensi rendah karena frekuensi rendah memiliki ruang lingkup yang lebih besar dan sinyalnya lebih mampu menembus berbagai hambatan seperti tembok. Jika kamu tinggal di rumah kecil, ada baiknya kamu meggunakan router WiFi dengan frekuensi tinggi yang menawarkan kecepatan akses data yang lebih cepat namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil.


2. Pindahkan Router WiFi kamu ke Tempat Yang Ideal
Posisis Wifi

Tempat yang paling ideal untuk router WiFi kamu adalah tempat yang tinggi dan berada di tengah-tengah ruangan ataupun rumah. Posisikan antena router WiFi kamu menghadap ke arah tembok jika kamu ingin agar sinyal WiFi kamu melewati sebuah tembok. Jangan sekali-kali menaruh router WiFi dekat dengan tembok yang terbuat dari beton karena akan menghalangi sinyal WiFi kamu. Perlu kamu ketahui bahwa musuh utama dari sinyal WiFi adalah air dan jendela. Jadi usahakan untuk tidak menempatkan router WiFi dekat dengan pipa air, akuarium ataupun tanaman (tanaman memiliki air di dalamnya).

3. Pastikan Jaringan WiFi Kamu Terpasang Password
Wifi Password

Memasang password pada WiFi kamu berarti membatasi jumlah pengguna WiFi kamu, dan hal tesebut akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses data kamu ketika menggunakan WiFi. Memasang password juga akan melindungi kamu dari berbagai ancaman lainnya.

 4. Membeli Router Dengan Teknologi Terkini
Router

Mungkin kamu akan merasa cukup dengan router WiFi bawaan yang diberikan oleh penyedia layanan internet kamu, namun ada baiknya jika kamu membeli router sendiri yang memiliki teknologi terkini. Router tercanggih saat ini memiliki teknologi yang mampu mengirimkan sinyal secara langsung kepada sebuah perangkat. Selain itu router WiFi tersebut memiliki kecepatan tinggi, mampu bekerja di frekuensi yang berbeda, serta berbagai teknologi pintar lainnya yang tentunya akan membuat kamu semakin nyaman ketika menggunakan WiFi. 

5. Gunakan Network Extender
Network Extender

Solusi ini merupakan solusi yang lebih murah ketimbang membeli router WiFi baru. Dengan network extender, sinyal WiFi akan dapat mencapai tempat-tempat yang sulit dicapai atau diluar jangkauan sinyal WiFi kamu. Kamu juga bisa menggunakan router WiFi lama kamu sebagai network extender jika kamu memilikinya.

Sumber : metrotvnews.com
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment :D